Membuat Logo Android Menggunakan JFrame / JPanel di Java


Ini adalah tulisan pertama Blog saya karena blog sebelumnya passwordnya lupa..
Baik sebagai pemula saya mencoba menuliskan bagaiman acara membuat “Logo Android” menggunakan coding. Sebenarnya ini adalah tugas dari salah seorang dosen “Informatika” di kampus saya tercinta “UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG”.
Nah ini dia codingnya, selamat mencoba :
import java.awt.BasicStroke;
import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
import java.awt.Graphics2D;
import java.awt.geom.Line2D;
import javax.swing.JPanel;
public class tugasGrafika extends JPanel{
    public tugasGrafika(){
        setBackground(Color.GRAY);
    }
    public void paintComponent (Graphics Man_An)
{
super.paintComponent(Man_An);
//membuat garis putih oval
Man_An.setColor(Color.WHITE);
    Man_An.fillOval(130, 145, 90, 90);
    Man_An.fillOval(440, 145, 90, 90);
    Man_An.fillOval(130, 225, 90, 90);
    Man_An.fillOval(440, 225, 90, 90);
    Man_An.fillOval(240, 365, 90, 90);
    Man_An.fillOval(330, 365, 90, 90);
    Man_An.fillOval(200, 30, 260, 240);
    Man_An.fillOval(200, 315, 60, 50);
    Man_An.fillOval(400, 320, 60, 50);
Graphics2D g2d = ( Graphics2D ) Man_An;
g2d.setStroke(new BasicStroke(40.0f));
g2d.setPaint(Color.WHITE);
g2d.draw( new Line2D.Double( 415, 30, 300, 130 ) );
g2d.draw( new Line2D.Double( 250, 30, 300, 130 ) );
Man_An.setColor(Color.GRAY);
    Man_An.fillRect(200, 0, 300, 20);
    Man_An.fillRect(200, 20, 50, 20);
    Man_An.fillRect(400, 20, 50, 20);
Man_An.setColor(Color.WHITE);
     Man_An.fillOval(230, 10, 40, 40);
     Man_An.fillOval(395, 10, 40, 40);
g2d.setStroke( new BasicStroke( 10.0f ) );
g2d.setPaint( Color.CYAN );
g2d.draw( new Line2D.Double( 415, 30, 300, 130 ) );
g2d.draw( new Line2D.Double( 250, 30, 300, 130 ) );
Man_An.setColor( Color.CYAN);
    Man_An.fillOval(220, 50, 220, 200); //kepala
    Man_An.fillRect(220, 135, 220, 200); //badan
    Man_An.fillRect(235, 335, 190, 15); //badan bawah
    Man_An.fillOval(220, 320, 30, 30); // samping bawah1
    Man_An.fillOval(410, 320, 30, 30); // samping bawah2
    Man_An.fillRect(260, 340, 50, 70); // kaki1
    Man_An.fillRect(350, 340, 50, 70); //kaki2
    Man_An.fillOval(260, 390, 50, 50);// telapak1
    Man_An.fillOval(350, 390, 50, 50);// telapak2
    Man_An.fillRect(150, 190, 50, 80); // tangan1
    Man_An.fillRect(460, 190, 50, 80); //tangan2
    Man_An.fillOval(150, 165, 50, 50); //pundak1
    Man_An.fillOval(460, 165, 50, 50); //pundak2
    Man_An.fillOval(150, 240, 50, 50); //telapak tangan1
    Man_An.fillOval(460, 240, 50, 50); //telapak tangan2
    Man_An.fillOval(242, 20, 10, 10); //sensor1
    Man_An.fillOval(415, 20, 10, 10); //sensor2
Man_An.setColor(Color.WHITE);
    Man_An.fillRect(220, 140, 220, 20); //leher
    Man_An.fillOval(270, 90, 25, 25); //mata1
    Man_An.fillOval(365, 90, 25, 25); //mata2
    //membuat garis putih Rect
    Man_An.fillRect(200, 140, 20, 200);
    Man_An.fillRect(440, 140, 20, 200);
    Man_An.fillRect(130, 190, 20, 80);
    Man_An.fillRect(510, 190, 20, 80);
    Man_An.fillRect(240, 350, 20, 60);
    Man_An.fillRect(310, 350, 20, 60);
    Man_An.fillRect(330, 350, 20, 60);
    Man_An.fillRect(400, 350, 20, 60);
//membuat huruf a
Man_An.setColor(Color.BLACK);
    Man_An.fillOval(10, 500, 100, 100);
Man_An.setColor(Color.GRAY);
    Man_An.fillRect(60, 500, 100, 100);
    Man_An.fillOval(25, 515, 70, 70);
Man_An.setColor(Color.BLACK);
    Man_An.fillRect(60, 500, 40, 15);
    Man_An.fillRect(60, 585, 10, 15);
    Man_An.fillRect(85, 500, 15, 100);
//membuat huruf n
Man_An.setColor(Color.BLACK);
    Man_An.fillRect(110, 550, 100, 50);
    Man_An.fillOval(110, 500, 100, 100);
Man_An.setColor(Color.GRAY);
    Man_An.fillRect(125, 550, 70, 50);
    Man_An.fillOval(125, 515, 70, 70);
//membuat huruf d ke 1
Man_An.setColor(Color.BLACK);
    Man_An.fillOval(220, 500, 100, 100);
    Man_An.fillRect(220, 500, 50, 100);
Man_An.setColor(Color.GRAY);
    Man_An.fillRect(220, 515, 50, 70);
    Man_An.fillOval(235, 515, 70, 70);
//membuat huruf r
Man_An.setColor(Color.BLACK);
    Man_An.fillRect(330, 500, 70, 100);
    Man_An.fillOval(375, 500, 50,65);
    Man_An.fillOval(375, 550, 50,65);
Man_An.setColor(Color.GRAY);
    Man_An.fillRect(330, 515, 70, 35);
    Man_An.fillRect(330, 565, 70, 35);
    Man_An.fillOval(380, 515, 32, 35);
    Man_An.fillRect(380, 580, 100, 100);
    Man_An.fillOval(380, 565, 30, 35);
Man_An.setColor(Color.BLACK);
     Man_An.fillRect(410, 580, 15, 20);
//membuat huruf o
Man_An.setColor(Color.BLACK);
    Man_An.fillOval(430, 500, 100, 100);
Man_An.setColor(Color.GRAY);
    Man_An.fillOval(445, 515, 70, 70);
//membuat huruf i
Man_An.setColor(Color.BLACK);
    Man_An.fillRect(540, 500, 15, 100);
//membuat huruf d ke 2
Man_An.setColor(Color.BLACK);
    Man_An.fillOval(565, 500, 100, 100);
    Man_An.fillRect(565, 500, 50, 100);
Man_An.setColor(Color.GRAY);
    Man_An.fillRect(565, 515, 50, 70);
    Man_An.fillOval(580, 515, 70, 70);
}
}
Kemudian dilanjutkan dengan membuat main class yang tentunya memiliki main method, main class ini berfungsi untuk memanggil class  tugasGrafika.
Berikut sorcordnya:
import javax.swing.JFrame;
public class Tampilan {
    public static void main(String[] args) {
        tugasGrafika GarafkomB = new tugasGrafika();
        JFrame ManAn = new JFrame();
        ManAn.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
        ManAn.add(GarafkomB);
        ManAn.setTitle(“Logo HP Android”);
        ManAn.setSize(690,700);
        ManAn.setLocation(350,20);
        ManAn.setVisible(true);
    }
}

Setelah kedua class diatas selesai tanpa eror maka INSYA ALLAH hasilnya seperti di bawah ini:

Beli T-Shirt, Raglan dan Kids T-Shirt Original Ocean Seven

  1. T-Shirt, Raglan dan Kids T-Shirt Anime, Manga, Gamers dan Cartoon World (OceanSeven)
  2. T-Shirt, Raglan dan Kids T-Shirt Footbal Series (OceanSeven)
  3. T-Shirt, Raglan dan Kids T-Shirt Music Series (OceanSeven)
  4. T-Shirt, Raglan dan Kids T-Shirt OceanSeven – Custom dan Basic Tees (OceanSeven)
  5. T-Shirt, Raglan dan Kids T-Shirt OceanSeven -Kids Collections (OceanSeven)
  6. T-Shirt, Raglan dan Kids T-Shirt OceanSeven -Signature Serues (OceanSeven)
  7. T-Shirt, Raglan dan Kids T-Shirt  Social Media dan Photography (OceanSeven)
  8. T-Shirt, Raglan dan Kids T-Shirt Sport, Automotive dan Adventure (OceanSeven)
  9. T-Shirt, Raglan dan Kids T-Shirt Superheroes dan Movies (OceanSeven)

8 pemikiran pada “Membuat Logo Android Menggunakan JFrame / JPanel di Java

  1. Ping balik: Membuat Logo Android 2 « R92M

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s