PROSES SHARING DATA DAN TRANSFER FILE ANTAR KOMPUTER


Untuk berbagi sumber daya yang dimiliki masing-masing komputer baik dalam bentuk file maupun folder dapat dilakukan dengan proses sharing data dan transfer file. Client/Server adalah teknologi pendistribusian kerja aplikasi antara dua komputer atau lebih, yang dihubungkan oleh jaringan komunikasi, dimana yang satu akan bertindak sebagai Client atau peminta layanan, dan yang lainnya sebagai Server, atau pemberi layanan. Settingan LAN dapat dilakukan melalui, buka menu Control Panel Windows (Start > Control Panel). Lalu pilih icon Network Connections. Setelah itu pilih Local Area Connection (klik-kanan > Properties). Lalu pilih Internet Protocol (TCP/IP), dan tekan tombol Properties.
Di bagian IP Address, masukkan: 192.168.1.1. Lalu tekan TAB, otomatis Subnet Mask akan berisi 255.255.255.0. Sedangkan untuk komputer pasangannya, berikan IP Address 192.168.1.2. IP Address yang berada dalam range 192.168.0.0 – 192.168.255.255 umum digunakan dalam private network atau Local Area Network (LAN). Jadi, anda bisa saja memberikan alamat 192.168.2.1 dan 192.168.2.10 pada dua komputer yang anda hubungkan. Asalkan masih dalam satu segmen, maka masih bisa saling mengenal.
1. Mengenai winsock tcp (Client-Server)
TCP (Client)
Setelah mengatur IP Address. pada Aplikasi pemograman Visual Basic klik Connect. Setelah terkoneksi. Dari tcp(client) coba kirim pesan ke komputer server. Apabila pesan berhasil masuk ke tcp(server) berarti proses pengiriman client-server telah berhasil. cmdconect.Enabled = True ‘cmddisc.Enabled = False ‘cmdkirim.Enabled = False wskclient.RemoteHost = “192.168.1.1” wskclient.RemotePort = 8000 TCP(Server)
wskserver.LocalPort = 8000
wskserver.Listen
lbpesan.Caption = “Server Ready”
txpesan.Text = “”
2. Berbagi file (File sharing)
Dalam hal ini aplikasi yang digunakan adalah aplikasi pemrograman Visual Basic
1. Client melakukan koneksi dengan server
2. Pengiriman dilakukan dari server ke client
3. paket data yang akan dikirim dicari tempat penyimpanannya
Form Client
Nama file yang akan dikirim akan tampail sesuai
Tempat penyimpanannya.
4. Klik command send
5. Apabila file tersebut terkirim ke form client, berarti proses sharing data telah berhasil
3. Flow Chart
1. Jalankan Aplikasi
2. Transfer Data
3. Input Files dari client ke server
Tidak
Tidak
Start
Exit
Connect
Ya
Koneksi Gagal
Connecting
Kirim pesan
Start
Masukkan IP
End
Jalankan Aplikasi
Connect Komputer
Ya
Ya
4. Mengenai TCP/IP
TCP/IP adalah sekumpulan protokol yang dirancang untuk melakukan fungsi-fungsi komunikasi data, TCP/IP ini terdiri atas sekumpulan protokol yang masing-masing bertanggung jawab atas bagian-bagian tertentu dalam komunikasi data. Protokol yang satu tidak perlu mengetahui cara kerja protokol yang lain, sepanjang ia masih bisa saling mengirim dan menerima data. Berkat penggunaan prinsip ini, TCP/IP menjadi protokol komunikasi data yang fleksibel (Onno. W. Purbo, 1998).
Dalam protokol jaringan TCP/IP sebuah port adalah mekanisme yang mengizinkan sebuah komputer untuk mendukung beberapa sesi koneksi dengan komputer lainnya dan program di dalam jaringan. Port dapat mengidentifikasikan aplikasi dan layanan yang menggunakan koneksi di dalam jaringan TCP/IP. Sehingga, port juga mengidentifikasikan sebuah proses tertentu di mana sebuah server dapat memberikan sebuah layanan kepada klien atau bagaimana sebuah klien dapat mengakses sebuah layanan yang ada dalam server. Port dapat dikenali dengan angka 16-bit (dua byte) yang
Start
Exit
Connect
Ya
Koneksi Gagal
Connecting
Kirim File
Kenali File
Fille
Simpan FIles
Ya
Tidak
disebut dengan Port Number dan diklasifikasikan dengan jenis protokol transport apa yang digunakan, ke dalam Port TCP dan Port UDP.
Gambar 5: Pengemasan data dengan header bits pada tiap-tiap lapisan.
Struktur data yang melalui lapisan protokol TCP/IP diatas bisa digambarkan sebagai berikut :
Lapisan Aplikasi TCP[stream] UDP[message]
Lapisan Transport [segment] [packet]
Lapisan Internet [datagram] [datagram]
Lapisan Akses Jaringan [frame] [frame]
Pada gambar ini aplikasi yang mempergunakan TCP adalah data stream, sedangkan aplikasi yang memakai UDP(Using Datagram Protokol) berupa data message. Pada lapisan transport, TCP menyebut data sebagai segment. Sedangkan UDP menyebut data sebagai paket. Di lapisan Internet, semua data dilihat sebagai blok data yang disebut
Data h1
Data h1
Data h1
Data h1
H2
H2 H3
H2 h3 h4
H4 H3 H2
H1 Data
H1 Data
H1 Data
H1 Data
H3 H2
H2 Komputer Pengirim Komputer Penerima
Data link
Network
Transport
Application
datagram. Kemudian pada lapisan akses jaringan setiap potongan data yang dikirim disebut frame. Datagram adalah format paket yang ditentukan oleh IP. Protokol IP adalah inti dari protokol TCP/IP. Seluruh data yang berasal dari protokol pada lapisan di atas IP harus dilewatkan, diolah dan dipancarkan sebagai paket IP agar sampai ke tujuan. 5. Enkapsulasi dan Alur Data Agar sebuah data dapat terkirim dengan baik perlu dilakukan enkapsulasi terhadap data tersebut. Enkapsulasi adalah sebuah proses menambahkan header dan trailer atau melakukan pemaketan pada sebuah data. Dengan enkapsulasi data menjadi memiliki identitas. 6. OSI LAYER Model OSI terdiri dari 7 layer yang mendefinisikan fungsi protokol Jaringan komputer. Setiap layer merepresentasikan sebuah fungsi (bukan protokol) yang dilakukan ketika data ditransfer antara aplikasi yang sesuai lintas jaringan yang dimasuki.
Mengisolasi fungsi komunikasi jaringan dalam layer-layer yang berbeda dapat meminimalkan efek perubahan teknologi pada protocol-suite yang digunakan. Aplikasi baru dapat ditambahkan tanpa mengubah nerwork secara fisik, dan hardware network yang baru dapat diinstal tanpa harus menulis kembali software aplikasi.
1. Lapisan fisik (Phisical layer)
Mendefinisikan karakteristik perangkat keras yang diperlukan untuk mentransmisikan sinyal data. Secara fisik mentransmisikan bit data dari satu node ke node yang lain
2. Lapisan Link Data (link Data layer)
Memformat data menjadi record yang disebut frame, melakukan deteksi kesalahan, dan menangani pengiriman data melintas jaringan fisik.
3. Lapisan Jaringan (Network Layer)
Menyebabkan lapisan fisik mentansfer frames dari node ke node yang lain. Mengatur hubungan lintas jaringan dan mengisolasi protokol layer yang lebih tinggi dari detail jaringan dibawahnya. Internet Protocol dalam TCP/IP merepresentasikan fungsi ini dan menangani pengalamatan dan pengiriman data.
4. Lapisan Transport (transport layer)
Memungkinkan user node dan host node saling berkomunikasi, menyelaraskan peralatan, kecepatan tinggi dan rendah maupun unit-unit yang kelebihan beban atau menganggur, menjamin penerima menerima data persis seperti ketika ia dikirimkan. Dalam TCP/IP fungsi ini dilakukan oleh TCP (Transimission Transport Protocol). Selain itu TCP/IP juga menawarkan servis transport layer yang laiin, UDP (User Datagram Protocol) yang tidak mementingkan pemeriksaan keandalan komunikasi end to end.
5. Lapisan session (session layer)
Memulai, memelihara dan menyelesaikan setiap session. Satu session terdiri dari semua frame yang membentuk sat kegiatan tertentu, ditambah sinyal-sinyal identifikasi awal dan akhir. Session seperti satu sambungan telephone yang dimulai dengan “halo” dan berakhir dengan sampai kletemu lagi. Log-on standar dan routine identifikasi pemakai digunakan untuk memulai session jaringan komputer.
Mengatur hubungan antara aplikasi yang berkomunikasi. Dalam TCP/IP fungsi ini sebagian besar dijalankan pada transport layer.
6. Lapisan Penyajian (presentation layer)
Memformat data sehingga dapat disajikan kepada pemakai atau host. Misalnya informasi yang akan ditampilkan di layar pemakai diformat menjadi jumlah baris dan jumlah karakter per baris yang tepat.
Untuk aplikasi-aplikasi yang berkomunikasi (bertukar data) mereka harus sepakat dalam hal bagaimana data direpresentasikan. Dalam OSI layer ini menyediakan rutin standar presentasi data, yang dalam TCP/IP fungsi ini sudah ditangani oleh aplikasi.
7. Lapisan aplikasi (Aplication Layer )
Mengendalikan input pemakai dari terminal, melaksanakan program aplikasi pemakai di dalam host. Merupakan layer dimana proses jaringan yang bisa diakses user berada. Layer teratas dalam hirarki
Aplikasi TCP/IP adalah sembarang network process yang terjadi diatas transport layer, termasuk semua proses yang user secara langsung berinteraksi dengannya.
Kesimpulan: Untuk berbagi sumber daya yang dimiliki masing-masing komputer baik dalam bentuk file maupun folder dapat dilakukan dengan proses sharing data dan transfer file. Client/Server adalah teknologi pendistribusian kerja aplikasi antara dua komputer atau lebih, yang dihubungkan oleh jaringan komunikasi, dimana yang satu akan bertindak sebagai Client atau peminta layanan, dan yang lainnya sebagai Server, atau pemberi layanan. TCP/IP adalah sekumpulan protokol yang dirancang untuk melakukan fungsi-fungsi komunikasi data.
Flowchart Program
Mulai
Data File
Bentuk
Di Proses dan
dikirimkan dalam
bentuk biner
Apakah akan
dikirim ?
Tampilkan
data
Selesai
Ya
Tidak
Dari eksplorasi yang menggunakan bahasa pemrograman c dapat saya ambil
kesimpulan bahwa proses pengiriman file client/server. Dalam hal ini dapat
mengetahui kapasitas data yang dikirim dari client/server.
II. Eksplorasi Project Visual Basic 1. Project Tansfer File
Source program project Transfer File
Source untuk Command_OpenFile
Private Sub cmdproses_Click() ‘Load File
Dim REX As String
Dim ltemp As String
On Error GoTo Error
CD1.ShowOpen
If vbOK Then FullPath = CD1.FileName
Label1 = FullPath
FileName = StripFileName(FullPath)
Label3 = FileName
‘————————–Format File Size
REX = FileLen(FullPath)
ltemp = REX
If Len(ltemp) > 6 Then
Label14 = Format$(REX, “@@@.@@@.@@@”) & ” Kb”
ElseIf Len(ltemp) > 3 Then
Label14 = Format$(REX, “@@@.@@@”) & ” Kb”
Else
Label14 = REX & ” Kb”
End If
Error:
End Sub
Source Program Command Proses
Private Sub Command2_Click() ‘ PROCESS
Dim Data As String
Dim iChunks As Long
Dim ChnkLen As Long
Dim A As Variant
Dim ltemp As String
Dim FlSiz As Long
Dim iFS As String
If FullPath = “” Then Exit Sub
iChunks = 0
ChnkLen = 0
FILE = “”
Min = 0
Sec = 0
MS = 0
FlSiz = FileLen(FullPath)
iFS = FlSiz
A = Hex(Len(iFS))
If Len(A) < 2 Then
A = “0” & A
End If
Debug.Print “File Length = 0x” & A
Debug.Print “Header: SDAT” & A & FlSiz
PB1.Max = FlSiz
Command4_Click
Timer1.Enabled = True
MousePointer = vbHourglass
If Check2 And WS(IndexID).State = 7 Then ‘ If this is the first Packet
WS(IndexID).SendData “SDAT” & A & FlSiz ‘Tell other PC that there is incomming data ‘and the data’s size in Bytes
DoEvents
End If
Label12 = “SENDING”
Label12.ForeColor = vbGreen
Command2.Enabled = False
Open FullPath For Binary As #1
Do While Not EOF(1)
Data = Input(Chunk, #1) ‘ Get first “Chunk” (Packet) from file
If Check2 And WS(IndexID).State = 7 Then ‘ If the data is to be sent via LAN
WS(IndexID).SendData Data
End If
If Check1 Then ‘ If REAL TIME is checked, show counter and update labels
Label6 = iChunks
ltemp = Len(FILE)
If Len(ltemp) > 6 Then
Label7 = Format$(Len(FILE), “@@@.@@@.@@@”) & ” Kb”
ElseIf Len(ltemp) > 3 Then
Label7 = Format$(Len(FILE), “@@@.@@@”) & ” Kb”
Else
Label7 = Len(FILE) & ” Kb”
End If
Label8 = ChnkLen & ” Bytes”
DoEvents
End If
iChunks = iChunks + 1
ChnkLen = Len(Data)
FILE = FILE & Data ‘Build FILE register
PB1 = Len(FILE)
Loop
If Check2 And WS(IndexID).State = 7 Then ‘ Tell the other PC that this file transfer is complete
WS(IndexID).SendData “EDAT”
DoEvents
End If
Close #1
PB1 = 0
DoEvents
Timer1.Enabled = False
MousePointer = vbDefault
Label12.ForeColor = vbBlack
Label6 = iChunks
Command2.Enabled = True
ltemp = Len(FILE)
If Len(ltemp) > 6 Then
Label7 = Format$(Len(FILE), “@@@.@@@.@@@”) & ” Kb”
ElseIf Len(ltemp) > 3 Then
Label7 = Format$(Len(FILE), “@@@.@@@”) & ” Kb”
Else
Label7 = Len(FILE) & ” Kb”
End If
Label8 = ChnkLen & ” Bytes”
Command5_Click
End Sub
Source Program Command Clear All
Private Sub Command4_Click() ‘CLEAR
RTB = “”
FILE = “”
Label6 = “”
Label7 = “”
Label8 = “”
Label11 = “00:00:00”
End Sub
2. Project Aplikasi Chat
Saat aplikasi dijalankan, maka yang pertama kali tampil adalah form login, klick check, kemudian klik command log on. Maka akan muncul form chat.
3. Project memanggil aplikasi
Aplikasi yang dipanggil disini adalah notepad dengan cara mengisi IP pada kolom text pertama “127.0.0.1” kemudian klick connect, kemudian mengisi notepad.exe pada kolom text kedua, kemudian klick open.
Hasil tampilan dari pemanggilan aplikasi.

Beli T-Shirt, Raglan dan Kids T-Shirt Original Ocean Seven

  1. T-Shirt, Raglan dan Kids T-Shirt Anime, Manga, Gamers dan Cartoon World (OceanSeven)
  2. T-Shirt, Raglan dan Kids T-Shirt Footbal Series (OceanSeven)
  3. T-Shirt, Raglan dan Kids T-Shirt Music Series (OceanSeven)
  4. T-Shirt, Raglan dan Kids T-Shirt OceanSeven – Custom dan Basic Tees (OceanSeven)
  5. T-Shirt, Raglan dan Kids T-Shirt OceanSeven -Kids Collections (OceanSeven)
  6. T-Shirt, Raglan dan Kids T-Shirt OceanSeven -Signature Serues (OceanSeven)
  7. T-Shirt, Raglan dan Kids T-Shirt  Social Media dan Photography (OceanSeven)
  8. T-Shirt, Raglan dan Kids T-Shirt Sport, Automotive dan Adventure (OceanSeven)
  9. T-Shirt, Raglan dan Kids T-Shirt Superheroes dan Movies (OceanSeven)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s